POSTING TERBARU

Senin, Juli 04, 2011

Pemakai Informasi Akuntansi

Pemakaian informasi keuangan banyak pihak yang secara langsung maupun secara tidak langsung membutuhkan informasi akuntansi untuk kepentingan terhadap organisasi ataupun perusahaan.
Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dalam Standar Akuntansi Keuangan, pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi dapat dikelompokkan menjadi dua pihak, yaitu :
  1. Pihak Intern
    Pihak intern perusahaan sebagai pemakai informasi akuntansi adalah pimpinan atau manajer perusahaan, dimana informasi akuntansi digunakan sebagai bahan analis atas hasil usaha yang telah dicapai untuk mempertanggungjawabkan apakah kegiatan yang telah dilaksanakan telah sesuai dengan rencana.
  2. Pihak Ekstern
    Pihak Ektern ini terdiri atas :
    Karyawan
    Memerlukan informasi akuntansi untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan balas jasa, kesempatan kerja, dan lain-lain.
    Investor
    Memerlukan informasi akuntansi untuk membantu menentukan keputusan dalam membeli, menjual ataupun menahan investasi saham perusahaan.
    Pemberi Pinjaman/Kreditor/Bank
    Memerlukan informasi akuntansi, untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mengembalikan pinjaman pada saat jatuh tempo.
    Pelanggan
    Yang terlibat dalam perjanjian jangka panjang dengan perusahaan akan membutuhakan informasi untuk menilai tentang kelangsungan usaha perusahaan.
    Pemerintah
    Membutuhkan informasi akuntansi untuk menetapkan besarnya pajak yang harus dibayar perusahaan dan sebagai dasar untuk menyusun statistik pendapatan nasional.
    Masyarakat
    Membutuhkan informasi akuntansi untuk menilai perkembangan perusahaan serta aktivitasnya dan kecenderungan (trend) terhadap perekonomian Nasional.

0 komentar:

Posting Komentar